Santri PDF Ulya Mengikuti Vokasi Pesantrenpreneur Al Fithrah 2022

Spread the love

Sejak bulan Agustus lalu ada kegiatan menarik di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Pesantrenpreneur, atau lebih dikenal oleh santri Al Fithrah dengan kegiatan vokasi (program bisnis terapan).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Walaupun sudah dimulai sejak bulan Agustus 2022, kegiatan vokasi ini baru diresmikan dari pihak BUMN pada tanggal 14 September 2022.

“Kegiatan (vokasi) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan berwirausaha di pondok pesantren.” terang Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN lewat video yang ditampilkan di acara peresmian kegiatan vokasi di Al Fithrah.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, bahwa penyelanggraan kegiatan ini dimaksudkan agar pesantren dapat menjadi mercusuar peradaban. Dan, pusat pemberdayaan muslimpreneur.

Ada tiga pendidik yang sudah lebih dulu mengikuti Training of Trainer Pesantrenpreneur 2022. Dalam training ini, tiga pendidik disiapkan untuk mendampingi santri selama kegiatan vokasi ini berlangsung. Ust. Sudarsono, Ust. Badrul Komar, dan Usth. Lilik Maftuhah, adalah tiga pendidik yang diutus ponpes Al Fithrah untuk mengikuti training ini.

Baca Juga  Kunjungan Dari Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tasikmala

Di ponpes Al Fithrah, kegiatan vokasi ini diikuti oleh santri kelas XII Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al Fithrah. Tidak semua santri mengikuti kegiatan ini, mengingat keterbatasan pendamping dan memang diutamakan bagi santri yang berminat saja.

Jus buah D’Santri, hasil kegiatan vokasi pesantrenpreneur Al Fithrah 2023

Ada 12 produk dari hasil kegiatan vokasi ini, 9 diantaranya dalah produk makanan dan minuman. Dari produk makanan santri belajar membuat sandwich, seblak kering, kriuk pedas, lumpia ayam, martabak ayam dan sayur, dan pisang coklat. Sementara dari produk minuman santri belajar membuat jus buah, es boba, dan es timun serut.

Selain itu ada tiga produk di luar makanan dan minuman yang juga dibuat oleh santri yang mengikuti kegiatan ini. Sabun cuci piring, buket ulang tahun, wisuda, dan pernikahan, dan figura hantran lamaran dan pernikahan.

Hantaran lamaran, hasil kegiatan vokasi pesantrenpreneur Al Fithrah 2023

Kegiatan vokasi ini tidak berhenti pada bagaimana santri menghasilkan produk. Dalam kegiatan vokasi ini santri juga diberikan pembelajaran mengenai bagaimana mengemas dan memasarkan produk. Termasuk juga menentukan  harga jual produk yang sudah mereka buat.

Baca Juga  Kajian al-Muntakhobat: Rasulullah Saw Sebagai Panutan

Selasa, 17 Januari 2023 para santri yang mengikuti kegiatan vokasi ini memamerkan produk-produk yang sudah mereka buat. Berlokasi di auditorium ponpes Al Fithrah, pameran ini dihadiri semua pendidik dan tenaga pendidik PDF Ulya Al Fithrah.

Kepala Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Ust. Kunawi juga hadir dalam kegiatan pameran itu. Turut mendampinginya Ust. Nashiruddin selaku Kabag. Pendidikan Al FIthrah dan Ust. Yasin selaku Kabag. Umum dan Administrasi Al Fithrah.

Pameran ini juga dihadiri Mas Iqbal Yanuardi, menantu KH. Achmad Asrori al-Isahaqy – Allahu yarhamuhu -. Didampingi Ust. Kunawi, Mas Yanu ikut melihat produk-produk hasil kreasi para santri yang mengikuti vokasi ini.

Dalam pameran ini pendidik dan tenaga pendidik serta tamu undangan bisa menikmati produk makanan dan minuman yang sudah dibuat oleh santri. Tak hanya itu, bingkisan berupa sabun cuci piring dan buket makanan ringan juga mereka terima ketika meninggalkan lokasi pameran.

Dengan diikuti oleh santri tingkat akhir PDF Ulya ada harapan, jika santri pulang ke rumah, mereka bisa menerapkan apa yang sudah mereka pelajari. Sangat mungkin produk yang mereka buat di luar kegiatan vokasi yang mereka ikuti.

Baca Juga  PDF Wustho dan Ulya Al Fithrah Laksanakan Simulasi IW

Namun, kemampuan dalam mengemas(packing), menentukan harga (keystone pricing) dan memasarkan produk (marketing), produk tentu akan sangat berguna buat mereka. Apapun produk atau jasa yang akan mereka tawarkan.