Jurnal Putih Ma’had Aly Al Fithrah Surabaya Raih Akreditasi Sinta 5

Silahkan share

Ma’had Aly Al Fithrah Surabaya kembali menorehkan prestasi dalam Bidang Akademik. Kali ini, jurnal Putih Ma’had Aly (MAY) Al Fithrah mulai dari Vol. 06, No. 1 tahun 2021 sampai Vol. 10 No. 2 tahun 2025 meraih akreditasi Science and Technology Index (Sinta) 5 dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (No. 79/E/KPT/2023) periode I Tahun 2023 (24/07/2023).

Tercatat, jurnal Putih Ma’had Aly Al Fithrah merupakan salah satu jurnal yang paling tua. Selisih satu tahun dengan jurnal Nabawi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Tebuireng. Sedangkan Ma’had Aly lain di Jawa Timur, seperti Salafiyah Situbondo dan Lirboyo masih fokus pada penerjemahan dan penerbitan kitab dan buku. Informasi ini berdasarkan Halaqoh Penguatan Jejaring Media dan Layanan Bagi Penyelenggara Pendidikan Al-Qur’an (5-7/12/2022).

Tak dapat dipungkiri, jurnal Putih merupakan jurnal pesantren yang pertama kali meraih akreditasi Sinta. Sehingga, hal ini menunjukkan, Ma’had Aly atau perguruan tinggi yang berbasis pesantren pada dasarnya memiliki nilai riset dan penelitian yang tinggi. Oleh karenanya, perlu untuk terus dikembangkan dengan menyesuaikan perkembangan dan tantangan zaman yang semakin kompleks.

Baca Juga  Silaturrahmi Kapolsek Kenjeran ke Ponpes. Al Fithrah

Ditemui di kantor Ma’had Aly Al Fithrah Surabaya, Ust. Ahmad Imam Bashori M.Th.I, Mudir Ma’had Aly Al Fithrah beserta jajarannya merasa bangga atas capaian yang diperoleh jurnal Putih. Ia menyampaikan bahwa jurnal Putih yang berada di bawah naungan LPPM Ma’had Aly Al Fithrah ini harus terus dikembangkan dan melakukan upaya perbaikan dalam aspek pengelolaan jurnal agar dapat terakreditasi dan naik peringkat.

“Alhamdulillah, jurnal (Putih) Ma’had Aly Al Fithrah saat ini sudah meraih akreditasi Sinta 5 dan menjadi jurnal pesantren pertama yang telah terakreditasi. Kedepannya, jurnal Ma’had Aly Al Fithrah harus terus melakukan evaluasi pada manajemen jurnal. Mulai dari segi OJS (Online Journal Sistem), pengajuan ISSN serta pelatihan terhadap kualitas artikel jurnal dan juga kepada editor jurnal,” terang Ust. Abbas, panggilan akrab beliau.

Ketua LPPM Ma’had Aly Al-Fithrah, Ust. M. Abdullah Bahanan, M.Pd. menyampaikan agar jurnal Putih tidak berhenti pada akreditasi Sinta 5, namun terus berkembang hingga mencapai peringkat Sinta 3, bahkan menjadi jurnal yang terindeks Scopus.

Baca Juga  Masa Depan Media Pesantren: Refleksi Talkshow Media Di Acara Multaqo MPJ 2023 (4)

“Proses Panjang yang kami lalui, syukur Alhamdulillah untuk jurnal Putih saat ini sudah terakreditasi Sinta 5. Harapan untuk kedepannya jurnal Ma’had Aly lebih aktif lagi dan harapan besarnya bisa terideks Scopus. Juga, menjadi teladan perguruan tinggi berbasis pesantren lainnya,” ujar Ust. Abdullah.

lh/dfn