Al Fithrah Terima Kunjungan Perwakilan 6 Negara Muslim

Silahkan share

Sebanyak 15 tokoh muslim dari 6 negara di kawasan Asia dan Afrika didampingi jajaran BKKBN datang ke Pondok Pesantren Assalafi Al Fitrah Surabaya.  Kedatangan ini dalam rangka untuk menimba ilmu terkait pola pengajaran di Pondok Pesantren, khususnya terkait pembelajaran kesehatan reproduksi bagi santri.

15 tokoh muslim ini merupakan bagian dari program SSTC Offline Training on Strategic Partnership Between Government and Muslim Religious Leaders (MRLs) in Reproductive Health, Family, Prevention of Child Marriage an Reducing Stunting.

15 tokoh muslim yang berasal dari Negara Ethiopia, Burundi, Nepal, Malaysia, Filipina dan Myanmar datang untuk belajar tentang Keluarga Berencana (KB) dan penurunan stunting di Indonesia, khususnya Kota Surabaya.

Rabu, 26 Juli 2023 di Pondok Pesantren Al Fitrah, 15 tokoh muslim melihat langsung proses pendidikan dari pengajar (ustadz) ke santri. Dalam sesi Tanya jawab, delegasi dari Somalia bahkan mengaku iri atas sistem pengajaran di Pondok Pesantren di Indonesia.

Baca Juga  Silaturrahmi Wali Santri Baru (2): Pesan Dari Keluarga Ndalem

Pasalnya, di negaranya berlaku sistem sekulerisme yang memisahkan antara agama dengan pemerintahan, meskipun mayoritas warganya adalah muslim. Sehingga tidak ada pengajaran agama dalam pendidikan formal dinegaranya seperti halnya di Indonesia.

Bagi ponpes Al Fithrah ini bukan kali pertama menerima tamu dari luar negeri. Sebelumnya Al FIthrah menerima tamu dari Australia. Selain itu, setiap tahun Al Fithrah akan kerawuhan tamu dari Saudi Arabia, yang menghadiri Haul Akbar Al FIthrah di minggu pertama bulan Sya’ban.

Sumber: @sehatsurabayaku