Malam Pertama Kali Nabi Muhammad SAW Menerima Ayat Al- Qur’an

Silahkan share

Ramadan 1444 H. sudah memasuki malam ke-17. Malam di mana lazimnya kita ketahui Nabi Muhammad SAW. untuk pertama kali menerima wahyu. Hal ini sebagaimana yang terekam dalam surat al-Qadar.

Di malam itu, Malaikat Jibril menyampaikan surat al-‘Alaq ayat 1-5, ketika Nabi SAW sedang bertahanuts (beribadah) di gua Hira, bukit Jabal Nur. Sebuah kebiasaan yang sering Beliau SAW. lakukan menjelang diangkat menjadi seorang Nabi.

Imam Ibnu Ishaq ra, satu di antara banyak sejarawan muslim yang mempopulerkan pendapat  ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat al-Qadar. Untuk harinya Imam Ibnu Ishaq ra.  berpendapat pada malam Jum’at  17 Ramadan tahun ke 13 sebelum Hijriyah.

Sementara itu, Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakpuri bependapat al-Qur’an kali pertama turun pada Senin, 21 Ramadan bertepatan dengan tanggal 10 Agustus 610 M. Usia Nabi Muhammad Saw. saat itu 40 tahun 6 bulan 12 hari dalam kalender Hijriyah dan 39 tahun dan 3 bulan 20 hari.

Baca Juga  2 Hal Yang Sering Diabaikan Ketika Menghadiri Majlis Dzikir

Terlepas pendapat mana yang paling benar, semua Ulama’ bersepakat al-Qur’an pertama kali turun di bulan suci Ramadan. Dan, memperbanyak membaca al-Qur’an merupakan satu di antara banyak kesunahan di bulan Ramadan.

Waba’du; Semoga di bulan Ramadan ini kita mendapat kesempatan mengkhatamkan al-Qu’ran. Dan semoga huruf-huruf yang kita baca kelak akan menjadi saksi di hari persaksian. Amin, amin, amin. Ya Rabbal ‘Alamin.

Referensi:

Syaikh Muhammad ‘Ali al-Shabunii, Shofwatu al-Tafaasir, Juz 3, hlm. 553

Imam Ibnu Ishaq, al-Siiratu an-Nabawiyah, hlm. 96

Syaikh Shafiyu al-Rahman al-Mubarakpuri, al-Rahiiq al-Makhtuum, hlm. 75

Syaikh Zainuddin al-Malibari, Fathu al-Mu’in, hlm. 58