Mendukung Klub Sepak Bola? Boleh, Tapi …

Silahkan share

Kedatangan Persebaya di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah (4/7/2023), masih menjadi pembicaraan di kalangan para santri. Khususnya santri yang berasal dari Jawa Timur dan memang tinggal di Surabaya.

Sepak bola memang olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, tak terkecuali di kalangan santri di pesantren. Banyak santri yang menjadi penggemar klub bola baik dari dalam maupun luar negeri. Terutama klub daerah asal mereka.

Dukungan ini mereka wujudkan dengan memiliki jersey klub kesayangan mereka. Bahkan, ada diantara mereka yang memberanikan diri kabur dari pesantren, hanya untuk menyaksikan secara langsung klub kesayangan mereka bertanding.

Yang kedua tadi, tentu tidak baik, karena jelas melangar tata tertib pesantren. Dan, penyebab utamanya adalah fanatisme yang berlebihan. Tak hanya berhenti dengan melanggar tata tertib, fanatisme yang tak dipagari bisa menimbulkan dampak negatif lainnya.

Selain fanatisme apa saja yang perlu diperhatikan bagi pendukung bola?

Pertama, memperhatikan waktu. Banyak pertandingan bola diselenggarakan saat waktu ibadah wajib, shalat. Seorang muslim harus memprioritaskan kewajiban agama di atas hobi dan aktivitas dunia lainnya.

Baca Juga  Idul Adha: Keutaman Bagi Yang Belum Bisa Berkurban

Kedua, akhlak yang baik. Meski mendukung klub sepakbola yang berbeda-beda, hendaknya tetap menjunjung ukhuwah basyariyah (persaudaraan dalam kemanusiaan). Sehingga, dalam mendukung klub sepak bola harus menghindari kata-kata kasar, atau hal lainnya yang berpotensi konflik.

Ketiga, mengambil hikmah. Dalam sepak bola banyak sekali pelajaran yang bisa kita unduh. Kerjasama, manajemen klub, profesionalitas, dan bagaimana menyikapi kemenangan atau kekalahan dalam pertandingan.

Sepak bola adalah permainan yang bersifat kompetitif, tetapi juga merupakan alat untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu apapun klub yang didukung mari mendukung dengan kadar sewajarnya. Dan, tetap memperhatikan waktu, akhlaq dan bisa mengambil hikmah.

Semoga klub sepak bola yang kamu dukung menjalani musim ini dengan baik.