Penyaluran ZIS-DSKL bulan Agustus 2022 UPZ BAZNAS Yayasan Al Khidmah Indonesia (YAKIN)

Spread the love

Di bulan Agustus 2022, UPZ BAZNAZ Yayasan Al Khidmah Indonesia (YAKIN) kembali menyalurkan zakat, infak, shadaqah serta dana keagamaan sosial lainnya. Ada dua program utama yang menjadi prioritas di bulan Agustus 2022, yaitu program kemanusiaan dan program pendidikan. UPZ BAZNAS YAKIN juga menggandeng PDF Wustho, HMP PGMI STAI Al Fithrah dan TPQ Al Fithrah dalam melaksanakan program-programnya. Berikut laporan dua program tersebut.

Program Kemanusiaan: Do’a Bersama dan Santunan Yatim dan Dhuafa

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H., UPZ BAZNAS YAKIN bekerjasama dengan PDF Wustha Al Fithrah mengadakan acara Doa Bersama dan Santunan Yatim dan Dhuafa. Acara ini diselenggarakan bertepatan pada tanggal 9 Agustus 2022 M. / 11 Muharram 1444H. Dilasaknakan dua kali, yaitu pada jam 08.00 WIB dihadiri oleh santri putri dan pada jam 13.00 di hadiri oleh santri putra. UPZ BAZNAS YAKIN menyiapkan 96 bingkisan untuk santri dan 139 es teh hijau untuk dibagikan kepada santri dan asatidz yang hadir.

Program Pendidikan:

Beasiswa Periode II: Agustus 2022

Program beasiswa ini diterimakan pada santri yatim dan santri tidak mampu Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Terdata penerima program ini sebanyak 20 santri yang terdiri dari 5 santri MI, 6 santri PDF Wustha, 7 santri PDF Ulya dan 2 Mahasantri STAI Al Fithrah. Jumlah bantuan Pendidikan sesuai besaran syahriyah masing-masing unit Pendidikan. Penyaluran beasiswa Agustus telah di berikan langsung kepada Bagian Keuangan Pondok pada tanggal 28 Juli 2022.

Dukungan Kegiatan Santri: HMP PGMI STAI Al Fithrah Surabaya

HMP PGMI menyelenggarakan Lomba dan Bazar dalam rangka Kemerdekaan RI yang ke 77 dan Tahun Baru Islam 1444 H. dengan tema “Mendorong Terwujudnya SGD’s Indonesia Maju untuk Generasi yang Islami, Cinta tanah air dan berakhlakul karimah”. Acara ini diharapkan menjadi wadah untuk mengkader siswa-siswi yang berkompeten, berbudi pekerti luhur sekaligus memiliki kreativitas yang unggul. UPZ BAZNAS YAKIN menyalurkan bantuan sebesar Rp500.000 untuk mendukung kegiatan ini. HMP PGMI juga menyediakan gerai bagi UPZ BAZNAS YAKIN di acara tersebut. Di gerai itu, donatur baru bisa mendapatkan kaleng sedekah dan mencari informasi seputar UPZ BAZNAS YAKIN.

Dukungan Kegiatan Santri: TPQ Al Fithrah Surabaya

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 77, TPQ Al Fithrah Surabaya mengadakan kegiatan Class Meeting dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Pemberani dan Mampu Bersaing”. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan santri kepada negara serta sebagai sarana mengembangkan potensi minat bakat santri. Kegiatan ini diisi dengan berbagai lomba yang dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 12 Agustus 2022. Beberapa lomba yang diselenggarakan antara lain: lomba adzan putra, lomba praktik sholat, lomba memindahkan karet, lomba mewarnai, menggambar kaligrafi, lomba baca puisi Islami dan lomba memindahkan kelereng dengan kertas. Serangkaian lomba tersebut di ikuti oleh santri TPQ dan ditutup dengan acara pembagian hadiah lomba yang di laksanakan tanggal 12 Agustus 2022. UPZ BAZNAS YAKIN turut memberikan bantua untuk mendukung kegiatan ini.