TPQ Al Fithrah Selenggarakan Penataran An Nahdliyah

Silahkan share

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Fithrah Surabaya mengadakan kegiatan penataran pengembangan metode An Nahdliyah. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu para pengajar. KH. Syamsu Dhuha dari Tulungagung menjadi pemateri utama dalam kegiatan ini. Kiai Dhuha merupakan salah satu muasi/pendiri metode An Nahdliyah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November 2023. Berlokasi di Auditorium Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, berlangsung mulai jam 07.00-17.00. Pengajar TPQ Al Fithrah yang terdiri dari alumni dan santri aktif menjadi sasaran utama kegiatan ini. Kegiatan ini juga disiarkan di channel youtube TPQ Al Fithrah Surabaya.

Panitia pelaksana menyampaikan tiga tujuan utama penyelanggarakan kegiatan ini. Pertama, menyambung sanad dan silaturrahmi kepada muassis metode An Nahdliyah. Metode ini ditunjuk langsung oleh Hadhratusy Syaikh Romo Yai Achmad Asrori Al Ishaqy ra, untuk dipergunakan di TPQ Al Fithrah.

Kedua, penyegaran kembali niat dan model belajar mengajar metode An Nahdliyah. Pandemi Covid-19 sempat menghentikan proses kegiatan belajar dan mengajar di semua tingkat Pendidikan. Ditambah lagi karakter peserta belajar tentunya berubah setiap tahunnya. Sehingga perlu untuk memperbaharui model belajar mengajar metode An Nahdliyah.

Baca Juga  SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AL FITHRAH SURABAYA

Ketiga, talaqqi secara langsung kepada muassis metode An Nahdliyah. Menghadirkan langsung salah satu muassis metode ini diharapkan menambah bekal dan semangat dalam mengajar bagi para pengajar di TPQ Al Fithrah. Kiai Dhuha menyampaikan materi terkait cara mengajar kitab jilid dan cara improvisasi variasi lagu metode An Nahdliyah.

Kiai Dhuha juga menyampaikan tantangan dan peluang guru TPQ di masa sekarang. Beliau berharap adanya pengembangan metode An Nahdliyah ini bisa membuat kualitas mengaji para santri dan masyarakat sekitar bisa jauh lebih baik. Dalam kegiatan ini beliau juga mengijazahkan metode An Nahdliyah pada peserta kegiatan ini.

rhm/dfn