Festival Bahasa Arab Al Fithrah 2023

Spread the love

Jum’at, 13 Januari 2023 Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah menyelenggarakan Festival Bahasa Arab. Ajang unjuk kreasi ini diinisiasi oleh anak-anak kamar Bahasa Arab ponpes Al Fithrah, dan juga para santri pecinta Bahasa Arab.

Dua bahasa menjada perhatian khusus di ponpes Al Fithrah, Arab dan Inggris. Bahasa Arab karena sebagai bahasa utama dalam teks-teks yang dikaji di unit-unit pendidikan ponpes Al Fithrah. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang tentunya kelak akan menjadi jembatan para santri dalam menyampaikan pemikirannya pada dunia global.

Kurang lebih 100 santri terlibat dalam festival ini, baik sebagai panitia maupun peserta. Empat kreasi berbahasa arab ditampilkan dalam festival yang dimulai pukul 20.30 WIB dan berlokasi di auditorium ponpes Al Fithrah. Lazimnya acara yang diadakan di ponpes Al Fithrah, festival ini dibuka lebih dulu dengan berkirim fatihah (tawasul).

Pidato dalam bahasa Arab, drama berbahasa Arab, ghina araby, dan mars kamar bahasa arab ditampikan dengan baik, disambut decak kagum para hadirin. Hadir di festival ini Ust. Nashirudin (kabag. Pendidikan Al Fithrah), Ust. Hermansyah (kepala PDF Ulya Al Fithrah), Ust. Ahmad Mustofa (Pj. Bahasa Arab Al Fithrah), dan Ust. Badrul Qomar (Pembina kamar Bahasa Inggris).

Baca Juga  INFORMASI PEMULANGAN SANTRI LIBURAN RAMADAN - SYAWAL 1443 H.

Pada malam ferstival ini, juga diumumkan juara-juara dalam lomba-lomba yang telah diadakan sebelumnya. Pidato, Drama, Olimpiade bahasa arab, Olimpiade nahwu Sharaf, Ghina araby dan turnamen bola, adalah enam macam lomba yang diumumkan juaranya di malam festival ini.

Adanya festival ini tentu diharapkan memacu semangat santri dalam menguasai bahasa arab. Mengingat beberapa tahun terakhir, setiap tahunnya ada santri Al Fithrah yang belajar ke timur tengah.