Al Fithrah Terima Kunjungan dari Fed Uni dan Unair

Spread the love

Jum’at, 13 Januari 2023 rombongan dari Federation University Australia dan Universitas Airlangga, berkunjung ke Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Kunjungan ini dalam rangka melihat pelayanan Pos Kesehatan pesantren (Poskestren) Al Fithrah.

Poskestren Al Fithrah hari ini tidak hanya memberikan pelayanan dasar pada santri dan tenaga pendidik serta kependidikan di lingkungan Al Fithrah. Poskestren Al Fithrah juga memberikan pelayanan kesehatan dasar pada warga di sekitar Al Fithrah.

Keberadaan Poskestren Al Fithrah dan pelayanannya menjadi daya tarik Federation University of Australia dan Universitas Airlangga untuk berkunjung ke Al Fithrah. Rombongan yang ikut serta dalam kunjungan ini terdiri dari 21 mahasiswa dan 3 orang staf.

Rombongan dalam kunjungan ini didampingi Prof. Dr. Mohammad Aziz Rahman, seorang konsultan penelitan kesehatan masyarakat, dan Dr. Biswajit Banik, seorang peneliti kesehatan masyarakat. Keduanya adalah dosen dari Federation University Australia.

Rombongan ini disambut di auditorium Al Fithrah. Mengawali rangkaian acara kunjungan ini, santri husada Al Fithrah menampilkan kasidah. 15 santri husada dan 12 santri program Bahasa Inggris hadir dalam penyambutan ini.

Baca Juga  SANTRI TINGKAT AKHIR PDF ULYA AL FITHRAH TERIMA SKL

Usai kasidah, sebagaiman lazimnya acara di Al Fithrah, acara inti selalu dibuka dengan berkirim fatihah (tawasul). Pada acara ini Ust. Nasir, kepala bagian Pendidikan Al Fithrah yang membawakannya.

Selanjutnya Ust. Kunawi, kepala Pondok Al Fithrah memberikan sambutan yang diterjemahkan oleh Ust. Yasin, kepala bagian Umum dan Administrasi Al Fithrah yang juga pengajar Bahasa Inggris di PDF Ulya Al Fithrah dan STAI Al Fithrah.

Dalam sambutannya Ust. Kunawi mengucapkan terimakasih dan selamat datang pada para tamu baik dari Federation University Australia maupun Unairdi Al Fithrah. Selanjutnya, Ust Kunawi berharap adanya kunjungan ini membawa hal-hal positif untuk Poskestren Al Fithrah. Khususnya dalam pelayanan dasar kesehatan untuk warga Al Fithrah dan sekitarnya.

Presentasi tentang Poskestren oleh santri Husada dan diskusi terkait pelayanan kesehatan menjadi agenda utama dalam kunjungan ini. Selain mempresentasikan tentan Poskestren, santri Husada juga menampilkan kasidah cuci tangan yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris. Apresiasi yang baik diberikan oleh dosen dari Federation University Australia pada pelayanan Poskestren yang telah dipresentasikan oleh santri Husada. Apresiasi ini tentu harus direspon baik pula dengan meningkatkan pelayanan Kesehatan dasar oleh Poskestren untuk warga Al Fithrah dan sekitarnya.

Baca Juga  Santri PDF Ulya Mengikuti Vokasi Pesantrenpreneur Al Fithrah 2022