Haul Akbar Al Fithrah 2023: Terimakasih Panitia dan Jama’ah

Silahkan share

Haul Akbar Al Fithrah 2023 menyisahkan banyak kisah yang amat panjang untuk diceritakan. Setelah 3 edisi (2020, 2021 dan 2022) diadakan secarta terbatas. Seperti tahun 2019, pada haul edisi ini nyaris seratus nama tercatat sebagai panitia.

Praktiknya, lebih banyak nama lagi yang tidak tercatat sebagai panitia dan terlibat aktif dalam haul yang istikomah diselenggrakan di ahad pertama bulan Sya’ban ini. Beberapa dari mereka, bahkan sudah memulai khidmahnya sejak dua bulan sebelum hari H.

Bekhidmah sesuai bidang dan kemampuan

Daftar kepanitiaan Haul Akbar 2023 terdiri dari jama’ah Al Khidmah, santri Al Fithrah, Ukhsafi, Copler Community dan warga sekitar. Kebanyakan nama yang tercatat sebagai panitia, masih di bidang yang sama dengan haul tahun sebelumnya.

Memang ada beberapa nama lama yang dipindah ke bidang lain, atau nama-nama yang baru tahun ini terlibat dalam kepanitiaan. Namun, susunan panitia yang dibuat tetap menimbang bidang dan kemampuan. Sehingga membuat mereka benar-benar totalitas dalam melaksanakan khidmahnya.

Baca Juga  Al Fithrah Adakan Pembinaan Kebersihan Tempat Pengelolaan Pangan

Khidmah para jama’ah baik berupa materi, tenaga maupun kehadiran dalam haul ini tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Haul yang anggaran belanjanya besar sekali ini, tentu terselenggara berkat sumbangsing para jama’ah baik yang disetorkan langsung ke panitia maupun dikoordinasi oleh pengurus daerah Jama’ah Al Khidmah.

Belum lagi para jama’ah yang terlibat aktif saat haul membantu tim keamanan, dapur dan distribusi makanan. Khidmah mereka berupa sabar mengikuti segala instruksi panitia terkait menempati lokasi yang disediakan dan membuang sampah pada titik-titik yang telah disediakan tentu juga patut diapresiasi.

Terimakasih atas khidmahnya

Akhirnya, terimakasih kepada segenap panitia dan para jama’ah yang telah bekerjasama dalam menyelenggarakan dan menghadiri haul yang dirintis oleh Hadrotusy Syaikh KH. Achmad Asrori al-Ishaqy – Allahu yarhamuhuu.

Walaupun gesekan dan berbagai kekurangan masih ada, tentu itu semua dibarengi dengan tanggang rasa dan saling menyadari kondisi masing-masing. Sehingga mereka semua tak lupa tujuan utama terselenggaranya Haul Akbar Al Fithrah; berkumpul dengan orang-orang Saleh, serta berkirim do’a kepada para Guru, ‘Ibaadillaahish Shaalihin, kedua orang tua, pinisepuh, juga kepada seluruh kaum muslimin.

Baca Juga  Masa Depan Media Pesantren: Refleksi Talkshow Media Di Acara Multaqo MPJ 2023 (2)