Haul Akbar Al Fithrah 2023: Antusiasme Warga Sekitar Pondok Al Fithrah

Silahkan share

Haul Akbar Al Fithrah 2023 sudah selesai diselenggarakan tanggal 25-26 Februari 2023. Namun, masih banyak orang yang belum selesai membicarakan majlis yang berskala internasional ini. Di antaranya warga sekitar pondok yang punya peran penting, meskipun sebagian besar nama mereka tak masuk dalam daftar kepanitiaan.

Membuka pintu rumah untuk jama’ah

837 rumah warga yang tercatat bersedia ditempati jama’ah untuk beristirahat. Selain itu banyak warga yang juga berkomunikasi dengan jama’ah yang di tahun-tahun sebelumnya biasa menempati rumahnya.

Tak hanya itu, beberapa rumah yang tak tercatat sebagai maktab, juga masih membuka pintu untuk jama’ah. Sekedar tempat menumpang mandi. Kamar mandi darurat yang didirikan di berbagai titik di gang-gang sekitar pondok, juga sebagian disediakan oleh warga.

Menjamu para jama’ah

Menurut laporan dari beberapa sumber, ada juga pengurus RT yang mengoordinir warganya untuk menyiapkan jamuan buat para jama’ah berupa nasi bungkus. Tak hanya itu banyak warga yang rumahnya ditempati juga menyediakan suguhan berupa air, makanan ringan dan buah-buahan.

Baca Juga  Rapat Perdana Panitia Haul Akbar Al Fithrah 2023

Ikut serta dalam menjaga kebersihan

Para warga sekitar pondok sepertinya menyadari, bahwa jama’ah yang menginap, atau sekedar beristirahat di rumah-rumah warga sekitar pondok, adalah dari jauh. Beberapa bahkan menempuh perjalanan lebih dari 6 jam untuk menuju ponpes Al Fithrah.

Kesadaran ini, membuat para warga aktif dalam membersihkan sampah yang tak sempat dibersihkan jama’ah setelah haul rampung. Kelelahan dan buru-buru menuju kendaraan pulang menjadi satu dari dari sekian sebab para jama’ah tak sempat membersihkan sampahnya.

Meski begitu, di beberapa titik lokasi maktab dilaporkan ada beberapa ketua rombongan yang mengajak jama’ahnya untuk ikut membersihkan lokasi yang mereka tempati.

Semoga warga sekitar ponpes Al Fithrah mendapat keberkahan Haul Akbar Al Fithrah 2023. Segala khidmah mereka dalam membantu terselenggaranya haul tahun ini dicatat sebagai amal baik. Dan, di haul mendatang mereka masih diberi kesempatan untuk tetap berkhidmah. Amin…