SANTRI TINGKAT AKHIR PDF ULYA AL FITHRAH TERIMA SKL

Spread the love

Santri kelas XII Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al Fithrah mengakhiri masa belajarnya di tahun ajaran 1442 – 1443 H. lebih cepat dari adik-adik kelasnya. Tiga tahun ajaran sudah mereka lewati dan di penghunjung bulan rajab lalu mereka juga sudah menyelesaikan Imtihan Waathani (Ujian Nasional untuk PDF). Rabu, 13 Sya’ban 1443 H. bertepatan dengan 16 Maret 2022 M. mereka menerima Surat Keterangan Lulus (SKL) dari wali kelas mereka masing-masing.

Acara ini digelar di Masjid Al-Fithrah, dengan serangkaian acara pembuka sebelum acara utama, pembagian SKL. Para asatidz yang teridir dari pengurus PDF Ulya dan walikelas kelas XII, membuka acara ini dengan rangkaian pembacaan Tawasul, Istighotsah dan Maulid Fi Hubby. Para santri yang tahun depan sudah tidak lagi berstatus sebagai santri PDF Ulya, nampak khusyu’ mengikuti serangkaiaan acara ini. Pengurus harian pondok pesantren Assalafi Al Fithrah juga menghadiri acara ini; Ust. Kunawi, M.Pd (Kepala Pondok) dan Ust. Nashiruddin (Kepala Bagian Pendidikan).

Ust. Kunawi (Kepala Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah)

Dalam wejangannya, Ust. Kunawi mewanti-wanti agar para santri jangan berhenti untuk belajar. “Kalau tidak (pulang) di rumah ya, sebisa mungkin kuliah di Ma’had Aly atau di STAI Al Fithrah”, tekan beliau yang juga pernah menjadi kepala PDF Ulya Al Fithrah. Penekanan ini tentunya sangat perlu, mengaca dari tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar santri PDF Ulya memilih untuk pulang ke rumah.

Pembagian Surat Keterangan Lulus

SKL ini tidak hanya berisikan surat keterangan lulus atau tidaknya santri. Dalam surat ini juga dilampirkan keterangan nilai yang telah diperoleh para santri. Pelampiran ini dirasa perlu mengingat ijazah biasanya baru terbit setelah bulan Ramadhan. Pembagian SKL dilakukan oleh para wali kelasnya masing-masing. Agenda pembagian SKL ini dilakukan secara terpisah antara santri putra dan putri dalam waktu majelis yang berbeda.

Mengutip keterangan Kepala PDF Ulya Al Fithrah bahwa tingkat kelulusan anak didik di PDF Ulya Al-Fithrah tahun ini mencapai 99%. Hal ini merupakan prestasi tersendiri, bagi Ust. Hermansyah mengingat ini tahun pertama ia menjabat sebagai Kepala PDF Ulya. Tingginya tangka kelulusan ini tentu diharap semoga menjadi keberkahan bagi para santri. Keberkahan, yang juga dimintakan dalam doa penutup yang dipanjatkan oleh Ust. H. Soelaiman, M.Sy.

Belum bisa dipastikan setelah SKL ini dibagikan, berapa santri yang masih bermukim untuk melanjutkan masa belajarnya di Al Fithrah dan yang memilih pulang. Apapun yang mereka pilih nanti dan di manapun mereka kelak, semoga tetap diberikan istikamah dalam menjalankan apa yang telah diajarkan para gurunya.

Santri PDF Ulya

اَللَّهُمَّ عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا وَانْفَعْنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا وَزِدْنَا عِلْمًا

“Ya Allah, berikanlah kemanfaatan atas semua hal yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Dan ajarkanlah kami semua hal yang memberi manfaat kepada kami, dan tambahlah kami ilmu.” Teriring doa mengiringi para santri. Aamiiin.